Senin, 11 Januari 2010

Usaha yang akan diterapkan setelah lulus kuliah

Setelah lulus kuliah jika berniat untuk berwirausaha saya akan membuka sebuah toko swalayan kecil di tempat yang cukup strategis. Toko swalayan kecil yang dimaksudkan dapat sejenis dengan toko swalayan yang sudah ada seperti Alfamart dan Indomart namun toko swalayan yang rencananya akan didirikan ini memiliki nama yang berbeda. Usaha ini dapat dilaksanakan dengan modal sendiri ataupun bekerjasama dengan rekan.
Usaha membuka toko swalayan kecil ini dipilih karena keuntungan yang didapat cukup besar disertai dengan tempat yang strategis seperti diareal kampus atupun perumahan. Bagi mahasiswa untuk membeli kebutuhan yang mungkin tidak terdapat pada toko sekitar bias didapat pada toko swalayan kecil ini dan bagi penduduk perumahan yang selalu identik berbelanja ke pasar swalayan di pertokoan besar (mall) dapat berbelanja di toko swalayan kecil ini. Hal ini dikarenakan walaupun toko swalayan ini dikategorikan lebih kecil dari toko swalayan yang berada di mall namun untuk kelengkapan ataupun keperluan yang dibutuhkan pelanggan sama lengkapnya.
Dalam mendirikan suatu wirausaha ini tentunya ada yang harus diperhatikan yaitu etika bisnis dalam berwirausaha. Etika merupakan suatu komitmen untuk melakukan yang benar dan menghindari yang tidak benar menurut suatu norma universal. Prinsip-prinsip etika dan perilaku bisnis diantaranya adalah kejujuran (Honesty), kesatuan (Integrity), menepati janji (Promise Keeping), kesetiaan (Fidelity), keadilan (Fairness), peduli atau saling menyayangi (Caring for Other), saling menghormati (Respect for Other), bertanggungjawab (Responsibility Citizenship), menjaga keunggulan (Pursuit for Excellence) dan dapat dipertanggungjawabkan (Accountability). Dalam berwirausaha dengan menerapkan etika bisnis kewirausahaan diharapkan usaha yang dijalankan dapat berkembang dengan baik dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dengan meminimasi kerugian yang diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar