Senin, 11 Januari 2010

Sejak Kapan jiwa wirausaha ditanamkan

Para wirausaha merupakan orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses. Inti dari kewirausahaan itu adalah kreatif dan inovatif.
Dalam berwirausaha terdapat enam ciri dan watak kewirausaha yaitu percaya diri yang harus memiliki watak keyakinan, ketidak ketergantungan dan optimis. Ciri yang kedua yaitu berorientasi pada tugas dan hasil dengan watak kebutuhan untuk berprestasi dengan berorientasi laba, ketekunan dan ketabahan, tekad kerja keras, mempunyai dorongan kuat, energic dan inisiatif. Dalam cirri yang ketiga adalah pengambilan resiko dengan memiliki watak berkemampuan untuk mengambil resiko yang wajar dan suka tantangan. Ciri keempat yaitu kepemimpinan dengan watak berperilaku sebagai pemimpin, bergaul dengan orang lain, menanggapi saran dan kritik. Ciri yang kelima adalah keorisinilan dengan inovatif dan kreatif dengan fleksibel dan cirri yang keenam yaitu berorientasi ke masa depan dengan berwatak pandangan kedepan dan perspektif.
Dalam hal ini ternyata bila dilihat dari segi cirri-ciri dan watak berwirausaha dapat disimpulkan bahwa jiwa kewirausahaan dapat ditanamkan sejak dini bagi generasi muda. Dimana para generasi muda ini dapat lebih melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan merancang sumberdaya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar